Desa Sidoagung Sruweng Kebumen

Desa Sidoagung   Adalah sebuah desa terbesar di kecamatan sruweng yang terletak di bagian utara dari jalan raya utama. Masyarakat umumnya lebih banyak mengandalkan penghidupan sehari hari sebagai buruh tani.

DI desa Sidoagung ini, saya sebagai warganya merasakan kehidupan yang cukup tenang karena jauh dari keramaian. Terutama untuk dusun Pacarbalung Rt 5 Rw 3 tempat saya tinggal.

Untuk di daerah saya, warganya pun cukup memiliki rasa sosial yang cukup tinggi,  jika ada acara seperti maulid nabi, hajatan, musibah, kerja bakti dll, mereka dengan senang hati bergotong royong.

Bahkan setiap kali ketemu di jalan mereka saling menyapa untuk sekedar mengormati atau nyarojani.

Soal lingkungan, sungai di tempat saya pun masih jernih airnya karena bebas polusi, bebas tempat pembuangan sampah karena kebetulan sungai di tempat saya berada di paling uatara, dan ke utaranya lagi sudah tidak ada pemukiman. Jadi kalaupun di pakai untukkebutuhan sehari hari seperti mandi, mencuci bahka meamsak masih baik untuk di gunankan.

Juga karena adanya kesadaran warganya yang kini sudah rata rata memiliki mck sendiri.

Tempat rekreasi favorit di desa Sidoagung ini adalah curug silangit. Yaitu sebuah air terjun yang tingginya sekitar 12 meter yang airnya cukup bersih. Jika pada hari minggu, banyak pengunjung yang datang untuk sekedar berekreasi ataupun untuk mandi.

Namun itu dulu sekitar tahun 90an, setelah kejadian tragis yang menewaskan seorang warga dari desa tetangga, kini curug silangit Sidoagung Pacarbalung ini sepi di kunjungi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s